Warga Binaan Lapas Permisan Lakukan Giat Berkebun

    Warga Binaan Lapas Permisan Lakukan Giat Berkebun
    Berbagai macam jenis tanaman berhasil tumbuh dengan subur berkat kegigihan para WBP dalam merawatnya di kebun milik Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan(11/3)

    NUSAKAMBANGAN – Berbagai macam jenis tanaman berhasil tumbuh dengan subur berkat kegigihan para WBP dalam merawatnya di kebun milik Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan.

    Kegiatan kemandirian ini merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan tempat yang ada, selain itu sebagai upaya mencegah kegersangan di lingkungan lapas.

    Pengawasan ketat para petugas dilakukan sebagai upaya meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin bisa saja timbul dari kegiatan ini.

    Seperti yang terlihat pada gambar diatas, pada hari Senin (11/03) salah seorang WBP dengan pengawasan petugas bimker sedang melakukan perawatan terhadap tanaman.

    Jenis tanaman seperti kacang, timun, pare, dan lain-lain sebentar lagi akan mengalami masa panen. Hal ini menambah para pekerja WBP yang merawatnya.

    “Banyak tanaman sudah bisa dinikmati hasilnya, seperti timun ini. Alhamdulillah hal ini memberikan manfaat untuk mereka WBP khususnya dan Lapas Permisan umumnya, ” Ujar Sarino, yang kesehariannya bertugas sebagai pengelola sarana kerja.

    Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana mereka bisa merawat tanaman ini? Seperti pemberian obat, pencegahan hama, dan pengendalian gulma.

    Disinilah peran para petugas dalam memberikan pelayanan kepada mereka. Para petugaslah yang memberikan ilmu kepada mereka dan mereka dengan semangat menyerap ilmu.

    Hal ini juga menjadi bekal mereka agar bisa mengaplikasikan ilmu dan pengalaman agar bisa mendapatkan penghasilan dan sukses di bidang perkebunan atau pertanian kelak saat mereka bebas.

    Candra Putra

    Candra Putra

    Artikel Sebelumnya

    7 Warga Binaan Umat Hindu di Lapas Permisan...

    Artikel Berikutnya

    Fastabiqul Khoirot di Lapas Permisan dengan...

    Komentar

    Berita terkait